image
Capai, kotor, basah. Hal itu mungkin yang terlintas di pikiran kita saat berencana berkegiatan ke alam bebas. Namun, setiap kali kita sampai di tempat yang kita rencanakan, badan capai, pakaian yang kotor dan basah pun sudah tidak kita pedulikan. Itulah sihir dari alam bebas, yang  membuat kita lupa segala permasalahan dan ingin segera pergi menikmati alam bebas. Berikut beberapa tips agar perjalanan kita dapat berjalan dengan baik dan tetap menyenangkan.

Cari Literatur
kemana kita pergi dan apa yang akan kita lakukan di tempat tujuan, sangat penting dilakukan. ketika kita telah menentukan kemana kita akan pergi, galilah informasi sebanyak-banyaknya dan cobalah susun rencana apa saja yang akan kita lakukan disana. agar, perjalanan kita tersusun dari pergerakan satu ke pergerakan lainnya. Selain itu, dengan menguasai informasi dari tempat tujuan kita, kita bisa lebih mudah menentukan keputusan bila terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Persiapan Fisik dan Mental
Badan yang bugar sangat dibutuhkan ketika kita berkegiatan di alam bebas, dikarenakan medan di alam bebas sangat variatif. Sulit, licin maupun curam dapat kita jumpai, keadaan semacam itu yang menuntut badan kita untuk tetap sanggup melewatinya. Olahraga fisik secara rutin dan bentuk latihan lainnya menyesuaikan sebagaimana perjalanan yang akan kita lalui perlu dilakukan sebelum keberangkatan.

Buat Anggaran
Berbicara anggaran berarti biasanya kita berbicara biaya. biaya yang mungkin akan kita keluarkan harus diperhitungkan terlebih dahulu sebelum keberangkatan. Ketika kita ingin mengeluarkan biaya diluar rencana coba pikirkan kembali. Selain itu, biaya cadangan boleh juga tuh dipersiapkan agar kita tidak kebingungan bila kehabisan biaya di tengah perjalan (karena biasanya kita ingin beli banyak oleh-oleh untuk dibawa ke rumah hehe).

Membawa Perbekalan
Siapa sih yang ingin melakukan perjalanan dengan keadaan lapar? teman-teman jangan lupa membawa perbekalan yaa. Barangkali punya menu spesial sendiri yang biasanya kita nikmati ketika perjalan ke alam bebas, wajib dibawa! 
obat-obatan

Bersikap Ramah dan Menjaga Lingkungan
Salam, senyum, sapa apabila kita tambahkan kedalam perilaku kita dalam perjalanan akan memperlengkap keadaan. itu mungkin tanda ramah, ketika ramah kepada orang lain, bisa saja orang lain menyimpan informasi yang kita tidak tahu mengenai daerah yang kita singgahi, atau bisa saja orang yang tidak kita kenal itu menjadi partner kita untuk melakukan perjalanan. ets itu untuk manusia. kita juga pasti menjumpai ciptaan tuhan yang lain seperti tumbuhan pepohonan dan hewan. Ketika kita menjumpainya jangan mengganggu apalagi merusaknya.

Berdoa Setiap Saat
Alam semesta ini adalah ciptaan-Nya. maka dari itu kita harus tetap bersyukur karena telah dihadiahi alam yang indah yang dapat kita nikmati. Caranya dengan tetap memanjatkan doa kepada Ilahi. selain itu, kemungkinan-kemungkinan terburuk bisa saja muncul atas kehendak-Nya, maka dari itu kita harus tetap memohon perlindungan-Nya, agar perjalanan kita adalah perjalanan yang diselamatkan. Amin

  • 2016-09-07 21:55:00
  • Admin